|
Tiga hari yang lalu pas jalan-jalan di Gramedia Pandanaran, kebetulan nemu buku karya Almarhum Hans J. Wospakrik ini.. mungkin sebagian dari teman-teman belum mengetahui siapa beliau. Beliau adalah Fisikawan Teori Indonesia yang meneliti tentang Teori Relativitas Umum dan fisika elementer gitu deeh..
Awal mendengar kisah tentang beliau juga dari Kompas..
Yang membuat saya kagum terhadap beliau adalah kesederhanaan dan sikap konsistennya, walaupun tulisannya berkali-kali menembus jurnal ilmiah populer dunia.. namun tetap saja Pahlawan kita yang satu ini sering berjalan kaki sepulang mengajar di ITB sana.. Beliau tidak terlalu tertarik dengan materi.. padahal dengan kualitas intelektual setinggi beliau pastilah mudah kalo mo ngobyek ngajar disana-sini.. tetapi beliau memilih tetap konsentrasi di bidang Riset.. Beda jauh sama saya.. yang menempuh kuliah cuma untuk tujuan dapet gelar biar ntar nyari kerjaan gampang, cepet dapet duit, dan jadi bos!! (itu pun dijalani dengan berdarah-darah!! ). Saya sendiri belum baca bukunya secara lengkap.. tapi garis besarnya sih buku ini menjelaskan sejarah tentang atom dan pernak-perniknya lah..

Nah Atom yang satu ini nih yang juga bikin saya penasaran .ATOM FEED. Kalo yang suka maen di blogger mungkin tau , soalnya Content Syndication di Blogger secara default kan pake ATOM. Mengenai apa itu content syndication .. agak susah juga jelasinnya karena saya sendiri agak-agak kabur.
Pernah dengar RSS ? (Real Simple Syndication ,klo gak salah) nah itu dia!! Jadi misalkan, blog saya ini bisa dibaca tanpa harus mengakses mociman.blogspot.com tetapi bisa juga melalui sebuah RSSreader ato AtomReader (saya sendiri pake mozilla Thunderbird, cuman akhir-akhir ini sering ngadat .. gara2 pake winME neh!!). Yaah jadi mirip-mirip newsreaderlah (emang iya!! ;p)
Lalu.. yang jadi masalah saya sekarang, gimana supaya konten disini bisa ditampilkan di ahmaddendi.net, tanpa perlu memindahkan archiving blognya ke sana.. Jadi ceritanya mo belajar bikin web yang bisa baca atom fee,. pertukaran datanya sendiri pake XML ,dgn dialek atom tentunya.,. Saya sudah baca-baca sih.. cuman masih bingung (huehuehe..), awalnya nyari disini , tapi belum ketemu contoh yang simple... Sebenarnya ada, hanya masalahnya saya harus nginstal modul perl lagi yaitu XML::Atom, kalau saja hostingan saya sudah menginstall modul itu, masalah sudah terselesaikan paling tidak 40 % sisanya tinggal utak-atik tampilan aja (... mungkin juga gak semudah itu).
Jadi teman-teman kalo ada yang punya snippet buat baca atom feed (kalo bisa sekalian tampilannya.. ;p) tolong hubungi saya yaa... di komen aja!!


Komentar Terbaru

Tinggalkan Pesan


Name
Email
URI
Msg

Tags

Gegambaran

Loenpia.net