|
Setelah tiga bulan menjadi perantauan di Jakarta, akhirnya saya pulang kandang ke Semarang. Apa yang saya lakukan di jakarta ? Magang. Ya, saya sangat beruntung ada orang sebaik Pak Benny Ohorella yang menawarkan magang di perusahaannya, PT Jakarta Software Komunikasi jadilah selama tiga bulan kemarin saya magang di Jakarta.
Selama tiga bulan magang cukup banyak ilmu dan pengalaman yang saya dapat.. Pengalaman yang paling pertama mungkin.. Jakarta ternyata macetnya gila-gilaan ;p. Tugas saya selama magang sebenarnya tidak terlalu berat. sebagian besar yang saya lakukan disana hanya menangani log-log untuk transaksi SMS yang ada.. terdengar mudah?.. Harus diakui, iya, memang tidak sesulit bayangan awal saya waktu ditawari magang. Yah walaupun ada saatnya saya bingung juga, karena mungkin tingkat kecerdasan saya yang agak-agak menurun akhir-akhir ini, dan juga keterbatasan penguasaan bahasa serta tools yang digunakan.
But hey, i made it.. log-log yang ditugaskan untuk dibuat akhirnya bisa saya selesaikan juga.. walupun ditulis dengan kode yang amat susah dipahami oleh orang lain.. Kemarin sempat jadi masalah juga sih :D, soalnya ternyata selama membuat log itu (FYI, log yang saya maksud dibangun dengan JSP dan MySQL serta JBoss sbg Appserver) saya tidak pernah memikirkan struktur koding saya serta kebutuhan untuk meninggalkan comment-comment sebagai petunjuk andai saja suatu saat ternyata koding yang saya buat ditangani orang lain. Jadilah variabel dengan nama asal-asalan yang saya buat tersebar disegala penjuru kode.. asik, asik2 asikbanget..
Padahal konon, menurut beberapa orang, dalam menulis suatu program, komposisi idealnya 75% berupa comment dan selebihnya (25%) kode... atau ada juga sih yang ngasih solusi untuk self documenting code, maksudnya setiap variabel atau pun objek-objek yang digunakan diberi nama yang menjelaskan fungsinya contoh: ketimbang nilai1,nilai2,nilai3 , akan lebih baik untuk memberi nama nilaiawal, nilaitengah, nilaiakhir.. Tapi gimana ya misalkan ada sebuah objek atau variabel dengan nama nilaiakhirdarisuatuperhitunganproporsionalduadatayangancurancuran... huehue..

Komentar Terbaru

Tinggalkan Pesan


Name
Email
URI
Msg

Tags

Gegambaran

Loenpia.net