|
Tahun 2005, tahun refleksi kita sebagai manusia.. ternyata alam masih punya kekuatan. Setelah Tsunami di asia tenggara ada badai Katrina di Amerika sana..
wah ternyata alam gak mengenal batas-batas ideologi, ekonomi dan status, kalo udah mau ngamuk ya ngamuk aja....
Mulai sekarang harusnya kita sadar.. ternyata bumi yang kita tempati ini satu.. tidak pernah ada batas-batas... kejadian di satu benua mempengaruhi benua lain.. pemakaian CFC di benua satu bisa menyebabkan kanker kulit di benua yang lain.
Hancurnya ladang minyak di satu negara bisa menyebabkan naiknya harga BBM di benua lain..
Badai Katrina, bencana bagi kita semua sebagai penghuni Bumi sama seperti Tsunami awal tahun ini..
Tidak adil kalau kita mengatakan Katrina hukuman bagi Amerika, itu sama seperti halnya mengatakan Tsunami adalah hukuman untuk Bangsa Indonesia, mungkin ada benarnya..entahlah hanya Allah yang tahu, tapi yang lebih penting kan gimana kita sikap kita setelah bencana..
Saya sendiri sekarang sudah hampir lupa akan bencana Tsunami dan pelajaran-pelajaran yang di berikannya.. dengan Katrina paling tidak kita diberi kesempatan oleh Allah untuk memikirkan lagi, untuk memetik pelajaran lagi... apapun bentuk pelajaran yang masing-masing kita dapatkan ..
Semoga saja para korban Badai Katrina meninggal sebagai pejuang.. sebagaimana korban Tsunami di Aceh... sebagai pejuang hidup.... Semoga Indonesia bisa belajar, semoga Amerika bisa belajar, semoga saya bisa belajar......
Tahun ini tahun bencana...sebentar lagi bulan Ramadhan.. semoga bisa jadi semacam ruwat bagi Bumi kita semua..
amiiin

..humanity will prevail...

Komentar Terbaru

Tinggalkan Pesan


Name
Email
URI
Msg

Tags

Gegambaran

Loenpia.net