|
Setiap jam, lebih dari 1200 anak meninggal dunia.... diseluruh dunia. Konon, menurut Human Development Report tahun 2005 dari UNDP, jumlah ini sama dengan korban tiga tsunami setiap bulan nya. Mengerikan.
Perjalanan kita sebagai umat manusia sudah cukup lama dan pencapaiannya pun sudah sangat luar biasa.. tapi mendengar data diatas sedih juga ya.. ternyata peradaban kita tidak bisa menciptakan kemajuan yang merata... Bayangkan, penghasilan 500 orang terkaya di dunia jika digabungkan sebanding dengan penghasilan 416 juta orang termiskin di dunia.
Sebenarnya pemimpin dunia juga sudah sadar akan hal ini, Millenium Development Goals telah di deklarasikan lima tahun yang lalu, isinya antara lain mengurangi kemiskinan, menyediakan pendidikan untuk semua anak di seluruh dunia, dan mengurangi angka kematian anak.
Kalau dilihat sekarang .. kayanya masih jauh dari golnya (kata UNDP lho..).
Dalam kesempatan lain juga UNDP laporan UNDP mengungkap bahwa ternyata keadaan kita saat ini (lupa tentang apanya, pokoknya berhubungan dengan Human Development gitu..), ternyata lebih buruk dibanding 15 tahun yang lalu!! Ini berarti kita sebagai umat manusia, kalifah di Bumi ini lebih bodoh dari keledai!! karena pasti udah kejeblos berkali-kali di lubang yang sama.. selama lima belas tahun.. dan lubang itu namanya kemiskinan..
Aduh emang susah sih kalau mikirin bumi... tapi kalau bukan kita siapa lagi? Penghuni planet xyz di perbatasan uranus sana? atau Sith Lords yang lagi sibukmemerangi para Jedi? atau mungkin Marvin?
Rasanya kita semua harus mulai dari sekarang.. ayo sama-sama kita berantas kemiskinan?
Caranya? .... eh iya ya gimana caranya?

...and i think to myself ....
what a wonderful world.......

Komentar Terbaru

Tinggalkan Pesan


Name
Email
URI
Msg

Tags

Gegambaran

Loenpia.net