|
Setelah lama tampil dengan tampilan yang lama.. Akhirnya niat ganti tampilan tercapai juga Alhamdulillah.. Dalam pembuatan template baru ini saya menemukan beberapa situs menarik buat yang suka ngutak-ngatik blog..
  • Rojo - Layanan Aggregator berbasis web ini emang keren.. salah satu hasil kerjaannya adalah menu Feeds pada sidebar saya. Di situ anda bisa menemukan feeds terbaru dari situs-situs berita seperti BBC News, Livescience , The Server Side, Slashdot. Ada juga beberapa situs berita Game seperti IGN dan Gamespot. Lalu ada juga feed komik dari ComicAlert!. Dan beberapa feed dari blog teman-teman saya.. Jumlahnya saya batasi 10 item saja. Jadi kalo ada isi berita yang menyinggung.. mohon dipahami itu tidak mencerminkan pendapat saya.
  • Flooble - Adalah situs yang menyediakan banyak scripts, salah satu hasil kerjaannya yang dipakai di blog saya ini adalah expandable menunya.. bisa dilihat pada menu arsip.. Karena blog ini dicita-citakan berumur sangat panjang dan dikhawatirkan akan terjadi penumpukan arsip sehingga memperpanjang blog ini, tentu saja tak indah dilihat, jadi saya pake skrip expandable menu dari Flooble.
  • Clocklink - Situs ini menyediakan bermacam-macam jam virtual, baik analog maupun digital... Anda liat bar biru dibawah message board? nah itu adalah jam digital. Pilihan model analog lumayan banyak tersedia. Zona waktunya pun bisa disesuaikan.
  • SiteMeter - Situs ini menyediakan counter pengunjung situs, bisa anda lihat di bagian paling bawah blog ini.. Yaah emang sih pengunjungnya gak banyak-banyak amat.. kan lumayan buat gaya :-p.
  • ComicAlert! - Ini situs keren juga, menyediakan feed untuk link ke komik-komik ternama macam Garfield, Peanuts, Dilbert sampai Userfriendly. Tentu saja komiknya tidak ditampilkan di sidebar, hanya link saja, mungkin terkait isu kopirait
Nah begitulah kira-kira teknologi-teknologi yang dipakai blog ini.
Kalo dilihat-lihat kira-kira seperti inilah cita-cita yang ditawarkan Web Services ke depan. Tentu saja tidak terbatas pada blog.. Konon visi dari Web Services adalah pada suatu saat seseorang dapat menciptakan software yang merupakan fungsi gabungan dari beberapa fungsi software-software lain yang. Sehingga pengguna (pembuat software) tidak perlu terlalu advance dalam software programming.
Kebayang gak? suatu saat para akuntan, tenaga pemasaran dan petugas administrasi sebuah rumah sakit membuat aplikasi sendiri.. bwahaha!! Software Developer mo dikemanain???.. yaah gak separah itulah. Selain ini tentu saja iming-iming cross platform dengan adanya dukungan pertukaran data dengan XML, yang merupakan faktor pendorong terbesar terwujudnya Web Service (seharusnya kita sebut XML Web Services sih..). Maka nanti Java .NET, python, PERL dan bahkan C bisa saling berkomunikasi dengan effort paling minimal.. bahkan mungkin hampir tidak ada ,sejauh standar XML Web Services diterapkan secara baik tentunya. Cost saving dan high profit, yah mungkin itulah yang bikin banyak pihak bersemangat. Tapi tentu saja , mungkin, tidak akan bisa diterapkan pada semua kasus .. nanti bisa-bisa mirip-mirip EJB, yang konon katanya para ahli, karena penerapan yang serampangan banyak proyek EJB mengalami kegagalan (kata para ahli lhoo.. saya gak bisa nyebutin siapa soale lupa.. ;p)
Lalu apa kesimpulan dari semua omong kosong saya ini? Artinya saya harus lebih banyak belajar.. huehue

Komentar Terbaru

Tinggalkan Pesan


Name
Email
URI
Msg

Tags

Gegambaran

Loenpia.net