|
Nafis, keponakan saya yang satu ini sering main ke rumah.. Memang sejak kepindahan adik saya Erin dan Ibu saya.. Hidup di Semarang jadi terasa beda banget ..sepi. Kalau dulu sering teriak-teriakan bareng Erin.. atau ngegosip bareng Ibu (heuheuhe.. lebih tepatnya sih jadi pendengar yg baik). Sekarang jadi sepi..
Untung saja ada Nafis, kalau saya tidak salah umurnya baru akan menginjak 2 tahun.. Saya tidak pernah tahu sebelumnya bahwa anak belum 2 tahun bisa selincah dia.. Memang kalau baru ketemu sama orang baru dia suka malu-malu. Tapi kalau sudah kenal.. nakalnya bukan main.. Suka gangguin saya kalau lagi ngutak-ngatik komputer, suka ikut-ikutan.. jadi kalau saya misalkan minum, eh dia ikut-ikutan minum.. kalau saya minta dimasakkan mi instan sama Wa Juju (neneknya Nafis) eh dia juga ikut-ikutan!!
Jadi ingat jaman masa kecil dulu.. persis seperti saya.. dulu pernah Om Wawan (tinggal di Bogor di daerah Katulampa) masak mi instan juga (jago masak lho!!), wah pokoknya waktu itu saya ngeliat masaknya aneh banget.. Mi instan trus dicampur sesayuran tujuh rupa, pake telor dan lain-lain.. pokoknya enak. Saya ikut-ikutan juga minta dibuatkan 1 bungkus.. eh ternyata gak abis .Waktu itu masih kecil, satu bungkus mi instan sudah terlalu banyak buat saya.. kalau sekarang.. Miduo aja minta duo!!! heuhe
Nah si Nafis ini manggil saya Om Didi, mungkin belum mampu mengucapkan konsonan dengan baik ya.. jadi banyak kosakata yang ambigu.. Seperti 'uang', bisa berarti alat tukar yang lazim kita gunakan (jangan salah kaprah dengan tukaran in semaranganese), bisa berarti juga pulang yang berarti kembali ke tempat dimana kita lebih nyaman berada, atau bisa juga berarti keluar yang berarti menuju ketempat yang lebih terbuka. Contoh kalimat lengkap yang digunakan Nafis kepada saya : "Om Didi...!! Om Didi..!! mau uang??" itu artinya "Om Dendi apakah Om Dendi menginginkan untuk Pulang??" .. kata ini sering diucapkan jika saya selesai mandi dan terlihat rapi.. (aneh bahkan anak sekecil Nafis sudah nyadar kalo saya emang gak pantes rapi di rumah.. hmm). Atau bisa juga jika saya mengambil kunci mobil..
Oh iya, diawal karirnya sebagai ABG (Anak Bayi Gede), Nafis sering mengucapkan An untuk Mobil!! ternyata emang yang selalu diperhatikan olehnya adalah ban mobil.. hihihi.. kayaknya bakal jadi pembalap professional nih!!
Sekarang kosakatanya sudah mulai banyak... ayas (masak), onton tipi(nonton tipi), bobob (SpongeBob), ipas ain(kipas angin), mobiiy(Mobil), ompute(komputer.. dengan pengucapan t yang aneh), ampu(lampu, atau pantulan sinar matahari.. pokoknya yang terang-terang dibilang ampu), be-aya(belajar, atau nulis, atau nyorat-nyoret lantai), bobo(tidur), Umi (Ibu), Unti (nenek.. kurang jelas asal katanya.. tapi kemungkinan dari Mbah Putri), Abah (ayah), esjid(masjid), olat (shalat), uweh (kue), aing (anjing), antal (bantal) dan banyak lainya.. si Nafis memang pintar... jadi ngiri..
Dalam waktu dekat Insya Allah saya bakal menjadi Om lagi.. Nita... istri Eka, sedang Hamil.. sudah sekitar 7 bulanan, jadi 2 bulanan lagi saya bakal dapet keponakan baru.. Waaaahhh.. makin ramai dan indah saja dunia ini.. Ya Allah Semoga kelak hambamu yang kau kirimkan kepada kami tersebut menjadi hambamu yang saleh, pintar, indah dan jauh lebih hebat dari ayahnya..
The good thing about being Om itu.. kita bisa selalu terlihat menyenangkan.. Misalkan, "Nafis mau to'tat(coklat)"... lalu saya belikan coklat!! Tanpa pernah berpikir, resiko si Nafis terkena sakit, atau bakal kecanduan coklat.. bahkan tak pernah terpikirkan si anak bakal menjadi manja jika terlalu dituruti.. Jadi mengerti kenapa Ayah dan Ibu saya sering terkesan jahat, galak dan gak gaul banget.. ternyata setelah 23 tahun hidup, baru bisa tau alasannya...
Itulah indahnya hidup kita.. penuh misteri yang saling terkait, untuk orang yang mencari jawaban.. perjalanan mencarinya itu yang nikmat.. saya sih tidak pernah mencari, hanya kebetulan sering (terlalu sering) diberi tanda-tanda.. hanya karena ternyata kepala saya yang gede ini isinya pikiran yang tidak-tidak tanda-tanda itu seringnya lewat begitu saja. Sadarnya kalau sudah kepentok, kalau kepentok sih masih mending!! Seringnya malah perlu terjerembab dulu sambil berguling-guling lalu berdarah-darah baru nyadar!!!
Baca review film aja lebih enak yang tidak terlalu banyak spoiler.. apalagi hidup.!! Bayangkan kalau sejak lahir saya diberitahu bakal nikah sama Dian Sastro, waaaahh dimana serunya??
----
Om didi.... om didi uda bobo?

Komentar Terbaru

Tinggalkan Pesan


Name
Email
URI
Msg

Tags

Gegambaran

Loenpia.net