|
Sedikit flashback.. pertama kali saya kenal weblog waktu tanpa sengaja nyasar ke weblognya om Koen. Isinya keren, penuh informasi baru bagi saya dan sangat menginspirasi.. hal ini terjadi sekitar tahun 2004 awal... lalu kemudian coba-coba bikin blog di blogspot dengan alamat yang sekarang.. Kemudian hostingnya dipindahkan ke mociman.com, tapi karena sesuatu hal.. mociman.com expired dan karena arsip blog yang dulu saya kira sudah hilang.. akhirnya blog ini saya bikin lagi (umm..cerita mengenai mengapa bisa muncul mociman.blogspot.com dan oldmoci.blogspot.com ini memang rumit untuk saya jelaskan.. poko'nya gitu deh)... blog lama sebenarnya masih ada sih cuman sudah masuk arsip. Sekarang blog sudah menjadi satu dengan keseharian saya. Untung saja, karena selama ini kepala besar saya banyak sekali pikiran yang perlu disalurkan.. dan blog ini menjadi salurannya. Jadi mociman.blogspot.com sejatinya adalah blog pribadi dalam artian.. inilah semesta saya... sebuah wilayah dimana sebuah manusia hidup dalam sepotong moci dan bergulir seiring perjalanan waktu..
Saya kira itulah arti sebenarnya blog-blog pribadi.. sebuah semesta-semesta paralel.. yang satu dan lainnya bisa saja saling memiliki hukum dan aturan sendiri.. Yaaah.. hampir sama kaya hidup di dunia nyata saja.. Apakah saya hidup di dunia, di Indonesia, di Semarang ? Tidak.. Ternyata saya hidup didalam sebentuk raga yang dititipkan Allah kepada saya.. jadi kalau ditanyakan dimana saya hidup.. ya saya hidup di dalam Dendi. Hukum dan aturan di dalam Dendi pun tentu jauh berbeda dari hukum dan aturan didalam semesta raga yang lain..
Dalam semesta Dendi misalnya, Dendi itu adalah seorang yang teramat indah, pintar luar biasa, jagoan tiada tara, mahluk yang paling benar. Tapi ketika semesta Dendi terlihat oleh semesta lain.. impresi yang keluar malah sangat berbeda.. ada yang bilang Dendi itu jelek lah, Dendi itu seorang gendut dengan tekstur wajah yang mengerikanlah, Dendi itu seorang pemalas lah dan lain sebagainya.. Oleh karena itu kemudian Allah menciptakan kaca.. kemudian dapat memberikan gambaran bagaimana sekiranya kita terlihat dalam ukuran standar yang telah menjadi konvensi bersama semesta-semesta yang saling berhubungan. Sehingga kita perlu berdandan untuk dapat diterima dengan baik di semesta lain.
Nah adanya blog semakin mempermudah semesta-semesta dalam berinteraksi menyampaikan pikiran.. karena seringkali kehadiran bentuk fisik justru menghadirkan suatu keengganan dalam menyampaikan pendapat.. nah dengan blog seseorang dapat melontarkan pendapat dan kalau beruntung.. ratusan orang bisa membenarkan, menambahkan atau bahkan menghujat pendapatnya.. sah-sah saja. Sehingga tanpa disadari cakrawala si penulis dan pemberi komentar pun sama-sama meluas. Lalu kalau kemudian muncul anonimitas.. yang kadang digunakan semena-mena untuk penghujatan .. yaah itulah manusia.. ada yang memang menjadikan penghujat sebagai pekerjaan tetapnya..

Lalu blog mau dibawa kemana?
Ya nggak kemana-mana.. blog sih tempatnya tetap di Internet.. asal katanya juga kan dari weblog! Tetapi banyak hal positif dari blog yang bisa diterapkan di dunia nyata.. Seperti misalkan keberanian untuk mengeluarkan pendapat dan menerima kritik .. Belum lagi latihan untuk menyampaikan gagasan dalam bentuk tulisan..
Bayangkan kalau mulai sekarang anak-anak TK diajarkan menulis di Blog (tentu saja dengan bantuan tools yang sangat user friendly).. 10 tahun ke depan saja.. Bangsa Indonesia akan menjadi Bangsa yang penuh dengan penulis-penulis yang lebih brilyan dari yang ada sekarang..
Jadi.. ayo ngeblog!! siapa tau kita bisa jadi selebritis dunia maya... yaah paling tidak di dalam semesta kita sendiri kita adalah seorang selebritis

Blog kan sama aja dengan Website Pribadi?
Lho, emang iya blog itu sama saja dengan website.. karena bentuknya memang situs web. Hanya saja kemudian terkesan menjadi entitas yang terpisah kemungkinan karena tools pendukungnya.. Kalau Web site kan kesannya yang buat itu seorang geek, seorang programmer yang jagoan bahasa-bahasa skripting untuk membuat sebuah tampilan situs Web.. Tapi dengan perkembangan teknologi sekarang.. seseorang dapat membuat sebuah situs yang mencerminkan pribadinya, tanpa perlu mengenal pemrograman HTML,CSS, javascript.. Jadi seseorang tinggal nulis dan beberapa klik.. jadilah tampilan yang indah.. Lagipula kan banyak layanan blog gratisan.. di Friendster ada!!
Walaupun memang ada sebagian orang yang karena blog lalu mahir pemrograman web, itu adalah sebuah nilai plus dari blog itu sendiri.
Sekarang di luar negeri saja sudah mulai bermunculan blog korporat.. suatu bukti blog itu signifikan..

Mulai Darimana?
Mulailah dengan masuk ke internet, pakailah browser yang cukup baik dan googling dengan keyword 'blog' .. atau langsung ke Blogger.com juga bisa blogger kan punya google juga :) Lalu daptar.. dan siap deh..

Apa yang mau ditulis?
Nah ini tergantung dari niat anda ngeblog itu untuk apa.. kalau untuk publikasi hasil riset anda, ya tulislah hasil-hasil riset anda.. kalau untuk nulis puisi ya tulislah puisi-puisi itu.. Kalau buat sok-sok an seperti saya.. ya pertama bisa dimulai seperti ini... lalu kemudian tulislah apa saja yang didalam pikiran anda.. pada akhirnya anda akan sampai pada tahap dimana anda mengalami suatu pengalaman atau pendapat dan itu hal ingin anda tuliskan dalam blog anda. Atau kalau bingung anda bisa mulai dengan blogwalking.. yaitu bertandang ke blog-blog lainnya.. misalkan saya yang pada awalnya sering ke blog om Koen, lalu kemudian melebar jalan-jalan ke Jroller akhirnya ketemu The BileBlog (ni contoh penghujat sejati ;-p).. lalu sekarang rajin ke blognya mas Priyadi blognya bang Enda dan blog teman-teman saya..
Oh iya jangan lupa juga sempatkan ngasih komen atau sekedar basa-basi di shoutbox yang sering dipasang di blog-blog hanya untuk memberitahu tahu bahwa anda ada.. atau anda peduli pada apa yang ditulis mereka (sebuah penghargaan yang tak ternilai bagi saya ;-p)

Tapi Saya Tidak Punya Waktu...
Sama.. saya juga tidak.. waktu itu kepunyaan Allah

Ngomong-ngomong ...Blog anda Jelek
ah itu kan kata anda....

Tapi Teman saya juga bilang begitu
....

-----
terinspirasi seteleah membaca artikel di bz! dan buku Harun Yahya.. Little Man in the Tower

Komentar Terbaru

Tinggalkan Pesan


Name
Email
URI
Msg

Tags

Gegambaran

Loenpia.net