|
Udah lama di blog ini gak ngomongin buku. Nah kebetulan beberapa minggu kemarin saya jalan-jalan ke Gramedia Pandanaran. FYI, bisa dibilang Gramedia Pandanaran adalah tempat gaul saya.. satu-satunya tempat di Semarang yang saya kunjungi secara reguler ya Gramedia Pandanaran ini, selain Video Ezy Anjasmoro. Saat itu sebenarnya saya nyari-nyari komik Kungfu Boy yang terbaru (udah keluar apa belum ya? atau sudah tamat?). Iseng-iseng liat ke bagian novel dan ketemu State of Fear-nya Michael Crichton. Mungkin teman-teman pernah mendengar namanya. Dia adalah penulis Jurassic Park, Sphere, Timeline, Airframe, Congo.. aduh banyak deh . Saya sih cuma punya tiga , yaitu Sphere, Airframe sama State of Fear ini.

State of Fear bercerita tentang isu pemanasan global. Diceritakan di situ bagaimana isu pemanasan global ternyata merupakan salah satu isu yang mengalami banyak distorsi informasi. Menarik, karena disini banyak dipaparkan data-data yang mungkin tidak banyak ditampilkan di media-media kebanyakan. Dipaparkan ternyata dengan ditanda-tanganinya Protokol Kyoto hanya akan mengurangi suhu global sebesar 0.04 % saja pada tahun 2100 , bahkan jika Amerika Serikat juga ikut menandatanganinya.. Lalu ada informasi mengenai pelarangan DDT , yang ironisnya malah meningkatkan angka kematian akibat malaria. Hal ini dibahas juga di wikipedia
Kesimpulan dari kisah dalam buku ini sih, Politicized Science is Dangerous, dibahas diakhir bukunya. Dan juga betapa peradaban kita sering disetir oleh ketakutan-ketakutan yang tak beralasan. Kita memang butuh lebih banyak ilmuwan.
Ok, buku ini, menurut saya, tidak se-adiktif dan se-thrilling Digital Fortress-nya Dan Brown, saya saja bacanya on-off gitu, nggak kaya seri-serinya Dan Brown. Tapi yang membuat menarik adalah isu yang dipaparkan dan data-data di dalamnya. Lumayan mencerahkan. Lagipula.. 600 an halaman gitu loh!! (gitu loh masih 'in' gak sih?)

Hmm.. kaya'nya apa-apa kalo dipolitisir jadinya sux ya? Cinta di politisir juga bisa sux banget loh.
Ngomong-ngomong soal buku, beberapa waktu lalu saya mampir ke kosnya Mdani (yang setelah itu dilanjutkan dengan makan mi ayam dengan porsi yang ultra sedikit :-( ) dan menemukan sesuatu yang familiar, Deception Point saya ternyata masih ada di tangan dia..!! Wew, bahkan saya saja gak ingat!! Membuat saya mencurigai ada beberapa teman yang masih membawa buku-buku saya.. antara lain seri Harry Potter saya (ayo ngaku!!!!), dan mungkin seri Dan Brown saya, dan yang udah agak tua, seri Goosebumps dan komik Kariage Kun saya.
Hehe.. walaupun mungkin lebih baik begini soalnya kalau kembali juga.. saya nggak terlalu baik merawatnya... Bahkan sekarang saya lagi nyari-nyari Salmon of Doubt dan Tuesday with Morrie saya yang rasa-rasanya gak mungkin ada yang minjem...
Uuh.. kebiasaan buruk emang susah ilangnya
---
Kunjungi: http://www.crichton-official.com/fear/index.html

Komentar Terbaru

Tinggalkan Pesan


Name
Email
URI
Msg

Tags

Gegambaran

Loenpia.net