|
Saya pernah bercerita sedikit (banget) tentang bukunya Douglas Adams yang berjudul The Long Dark Tea-Time Of The Soul, sudah selesai bacanya beberapa bulan yang lalu. Ceritanya tentang seorang detektif bernama Dirk Gently yang menangani suatu kasus secara holistik. Seri pertamanya memang berjudul Dirk Gently's Holistic Detective Agency.
Nah, The Long Dark Tea Time of The Soul ini bercerita tentang perseteruan antara Thor dan Odin . Dewa yang merupakan anak dan bapak ini saling berseteru sehingga memunculkan kejadian-kejadian aneh di bumi.. dan si Dirk Gently kebetulan menangani kasus yang kebetulan berhubungan dengan perseteruan ini. Baca buku ini, terus terang banyak hal-hal saya gak ngerti. Mungkin karena keterbatasan pengetahuan saya mengenai kehidupan orang di Inggris sana (termasuk bahasanya). Tapi ada sebuah quote yang menarik: "If it could not possibly be done, then obviously it had been done impossibly. The question was how?"

Menarik, karena berpikir How menurut saya lebih baik daripada berpikir Why . Iya dong, karena How itu kan berarti berpikir solusi.. Saya kira sebagian teknologi yang ada sekarang terwujud karena para inventornya berpikir how . Lagipula kalau ditanyakan Why jawabannya akan gampang sekali.. Misalkan ditanyakan : Why do you love me? kita bisa jawab dengan suara tegas dan birama 4/4 :WHY NOT!!!.. atau ditanyakan: Why does the sun goes on shining? sekali lagi bisa kita jawab dengan tegas dan birama 4/4 :WHY NOT!!!!.. Tuh kan gak ada solusinya?

Jadi kalau ada pertanyaan semacam ini :
- Kenapa saya gemuk ?
harus diganti menjadi :
- Bagaimana supaya saya tidak tambah gemuk?
begitulah, dan seterusnya dan seterusnya
Sama halnya Indonesia, harusnya kita tidak bertanya kenapa bangsa kita jadi terpuruk.. tapi harus berpikir bagaimana bangsa ini bisa bangkit.. Atau mungkin bahkan kita nggak perlu bertanya-tanya, langsung tancap gas saja?. Itu lebih baik sih.. asal sudah tau bagaimana cara nginjek gas yang baik dan benar saja . Salah-salah nanti malah masuk gigi mundur.. bisa berabe tuh ...... giginya.

liat bukunya di amazon

Komentar Terbaru

Tinggalkan Pesan


Name
Email
URI
Msg

Tags

Gegambaran

Loenpia.net