|
Selama ini ada hal aneh yang saya rasakan ketika menggunakan Fedora Core 5 untuk browsang-browsing Internet. Entah kenapa terasa lebih lambat dibandingkan menggunakan Windows XP bajakan saya. Baru kemarin saya tahu ternyata masalahnya terletak pada driver modem saya.
Modem (dialup) yang saya gunakan adalah produk dari D-Link yang berbasis Conexant dengan kecepatan (seharusnya) 56Kbps. Namun ternyata FC 5 tidak mengenal modem ini sedemikian sehingga saya harus mendownloadnya dari Linuxant, penyedia driver khusus untuk modem-modem Conexant-yang memang tidak membuat driver untuk Linux. Sudah 3 tahun lebih saya pakai driver dari Linuxant, saya tidak pernah tahu kalau ternyata masalahnya ada di driver.
Jadi ternyata, driver free yang disediakan oleh Linuxant untuk modem saya (jenis softmodem) hanya membatasi kecepatan akses sampai dengan 14.4Kbps tanpa fasilitas Fax dan segala macem. Sedangkan untuk mendapatkan fasilitas penuh kita perlu mendapatkan license key-nya dengan membayar. Pantas saja internetan di linux jadi terasa lebih lambat.
Saya baru tau masalah ini sekarang. Padahal di halaman downloadnya sudah dituliskan secara jelas dan tegas. Memang sih, saya tidak terbiasa membaca keterangan-keterangan apalagi agreement-agreement sebelum download sesuatu.
Bagaimana, ada yang punya license key-nya?
Well, i guess it's time to make use of the eMule power ;-p

Komentar Terbaru

Tinggalkan Pesan


Name
Email
URI
Msg

Tags

Gegambaran

Loenpia.net