|
Secara default, Fedora Core 5 tidak mendukung Mp3 (tidak menyertakan Mp3 codec?). Hal ini berkaitan dengan masalah hak paten MPEG1/2 Layer 3 (mp3) yang didaftarkan oleh Thomson Consumer Electronic di beberapa negara seperti Jepang dan Amerika.
Tapi tentu saja, sistem operasi desktop tanpa musik sama saja dengan sayur tanpa garam beryodium (hambar dan kalo keseringan bisa bikin gondok). Untuk mengatasi ini ada beberapa cara. Salah satunya adalah dengan menggunakan xmms, media player yang mirip dengan winamp ini memang paling familiar bagi saya.
Ketika pertama kali menginstall FC 5, saya tidak menemukan paket xmms ini. Oleh karena itu saya mengunduh nya dari sini. Tentu saja xmms player beserta librarynya saja tidak cukup untuk memutar koleksi mp3 saya, sedemikian sehingga saya pun harus mengunduh paket xmms-mp3 . Sebagai pelengkap saya juga mengunduh paket xmms-wma (anggap aja bonus). Setelah selesai tinggal di install saja, seperti biasa menggunakan perintah:
>rpm -ivh namafilerpm
Nah, setelah itu tinggal ke menu dan pilih Multimedia > Audio Player ... jadi deh!
Selain menggunakan xmms, katanya sih bisa juga menggunakan Rhythmbox yang sudah tersedia di FC 5, kita tinggal mengunduh paket gstreamer-plugins-ugly untuk memutar file mp3. Tapi setelah saya coba, gagal! karena masalah dependency gitu deh. Jadinya teteup pake xmms sajah, lagipula xmms lebih keren. Pokoknya mocibangeeed!!Sekarang bisa dededem.. dededem di FC 5

---
Mp 3 (Em Pe Tiga)
di FC5 (di eF Ce Lima)
..berima !!

Tags:

Komentar Terbaru

Tinggalkan Pesan


Name
Email
URI
Msg

Tags

Gegambaran

Loenpia.net