|
Saya sering mendengar beberapa iklan penyedia layanan seluler ataupun produk handphone yang menyediakan layanan mobile blogging. Sebenarnya layanan mobile blogging itu seperti apa sih?
Saya sendiri tidak pernah melakukan mobile blogging - biasa disingkat menjadi moblog -. Tapi menurut beberapa sumber yang saya baca. Pada generasi awal (circa 2003?), moblog menggunakan MMS dan email sebagai sarana mengirimkan artikel blog ke sebuah blog server, setidaknya itulah yang dilakukan go.blogger.com. Di sumber-sumber yang saya baca, contoh penggunaan moblog lebih banyak untuk photoblogging. Agak masuk akal memang, karena tidak semua jenis handphone memiliki keypad model qwerty yang memudahkan pengetikan layaknya pada keyboar komputer. Karena photoblogging memang kebanyakan hanya menyertakan sedikit teks dengan foto sebagai objek, lagipula kan kata orang juga a picture paints a thousand words. Jadi photoblogging + tulisan berbusa-busa = PEMBOROSAN!
Tentu saja akhirnya muncul beberapa software mobile yang memungkinkan kegiatan moblog menjadi lebih mirip dengan blogging lewat PC, dengan menggunakan aplikasi mobile blogging (moblog clients).
Di lingkungan pemrograman java , J2ME dengan JSR 172 -nya telah mempermudah perancangan aplikasi moblog di platform J2ME. JSR 172 (rilis 3 Maret 2004) adalah jawaban atas kurangnya dukungan platform J2ME akan web service yang mayoritas berbasiskan XML-RPC . Seperti beberapa waktu yang lalu saya sempat singgung bahwa mayoritas blog server saat ini setidaknya menggunakan dua jenis API, yaitu MetaWeblog API, dan Blogger API sebagai web service enablernya (bahasa saya sendiri, kemungkinan besar salah, ambigu atau bahkan tidak berarti apapun)
Masalahnya, tidak semua handphone yang mendukung J2ME mengadopsi JSR 172 ini, contohnya adalah handphone saya, Sony Ericsson K750i (semua keluaran Sony Ericsson terbaru sepertinya sudah mengadopsi ). Sebenarnya kalo untuk kasus saya sendiri, jangankan moblogging, mengirimkan MMS saja tidak bisa! (berhubung sampai saat ini masih setia dengan produk Jempol dari XL ).
Jadi, bagaimana perancangan J2ME based moblog client di Sony Ericsson K750i? Entahlah, saya juga bingung. Ada ide?

Komentar Terbaru

Tinggalkan Pesan


Name
Email
URI
Msg

Tags

Gegambaran

Loenpia.net