|
Baru beberapa bulan kemarin saya mengetahui tentang layanan Google Analytics. Dari halaman supportnya mengatakan :
Google Analytics shows you how people found your site, how they explored it, and how you can enhance their visitor experience. Improve your website return on investment, increase conversions, and make more money on the web.

Jadi kira-kira dengan Google Analytics ini saya bisa mengetahui statistik-statistik pengunjung blog ini, dari mana mereka mendapatkan alamat blog ini, browser apa yang dipakai, dan berapa resolusi monitor yang dipakai. Untuk menggunakannya, kita harus mendaftar dulu, serta meletakkan beberapa baris kode pada halaman yang kita ingin analisis.



Berikut ini adalah gambar executive summary dari blog saya di Google analytics.

(klik untuk memperbesar)

Dari gambar tersebut terlihat bahwa, pengunjung blog terbanyak berasal dari mesin pencari google sebanyak 38,57% kemudian disusul dari del.icio.us sebanyak 19.05 %. Ya, memang sih pengunjung blog ini tidak banyak. Dapat dilihat pada grafik Visit and Pageviews, pada tanggal 1 Oktober hanya ada 25 pengunjung dengan jumlah halaman yang dilihat sebanyak 53 kali. Artinya rata-rata setiap pengunjung yang datang pada tanggal itu membuka 2,12 halaman.
Dengan Google Analytics kita dapat menentukan strategi marketing apa yang telah berjalan baik dan mana yang tidak (sok marketing ni yey!!).
Gambar dibawah ini adalah bagian Marketing Summary blog ini di Google Analytics.

(klik untuk memperbesar)

Terlihat, Google menempati tempat pertama pada Top 5 Sources, dengan menyumbangkan sejumlah 81 pengunjung, lalu di tempat kedua ada del.icio.us yang menyumbangkan 40 pengunjung. Di halaman itu juga ada daftar keyword yang mengantarkan orang-orang ke blog saya. Gambar panah yang berwarna hijau dan merah itu menunjukkan kenaikan atau penurunan pengunjung dari sumber tersebut pada hari itu dibandingkan hari sebelumnya. Terlihat bahwa pengunjung dari del.icio.us mengalami penurunan sebesar 23% dan dari google malah naik 53 %. Tapi dengan porsi yang lumayan besar, berarti pemasangan blog ini di del.icio.us (dengan menempatkan tags dari blog ini di sana) lumayan membantu peningkatan pengunjung blog saya.
Masih banyak statistik-statistik lain yang bisa dilihat pada Google Analytics, seperti jenis browser, resolusi monitor, atau negara asal pengunjung. Silakan dicoba sendiri ya. Atau jangan-jangan malah udah tau? walah... dasar Dendi kuper!!

Komentar Terbaru

Tinggalkan Pesan


Name
Email
URI
Msg

Tags

Gegambaran

Loenpia.net