|
"..lebih baik menghindari maksiat, daripada melakukan ibadah yang sunnah..". Begitulah kata Quraish Shihab dalam acara Tafsir Al Mishbah tadi di MetroTV. Topik yang dibahas tadi adalah seputar haji mabrur (Al-Baqarah 196?) dan kalimat ini terucap ketika seorang panelis menanyakan mana yang lebih baik, pergi haji berkali-kali atau memberangkatkan orang lain.
Maksud beliau adalah sebaiknya kita berusaha meninggalkan kemaksiatan dan keburukan pada diri kita sebelum melakukan kebaikan yang sunnah. Dalam hal pergi berhaji, maka lebih baik menggunakan biaya berhaji untuk fakir miskin karena akan lebih berguna. Menurut beliau lagi, kita lebih sering melakukan ibadah sesuai dengan apa yang kita senangi daripada sesuai yang disenangi Allah. Sebuah konsep yang salah dalam beribadah , karena konsep ibadah yang benar adalah karena Allah (melakukan sesuatu yang disenangi Allah).
Lalu Quraish Shihab menganalogikan dengan "Mana yang lebih baik, mandi tanpa memakai parfum atau memakai parfum tanpa mandi?"
Kesimpulannya, sebaiknya kita membersihkan diri dulu dari segala kemaksiatan sebelum menambah kebaikan (sunnah) yang ada dalam diri kita.
Tapi, ini bukan alasan untuk tidak tarawih lho yaa! :-D


Tags:

Komentar Terbaru

Tinggalkan Pesan


Name
Email
URI
Msg

Tags

Gegambaran

Loenpia.net