|
SPOILER ALERT..... Entah kenapa minggu-minggu terakhir ini saya kangen melihat Julie Delpy di Before Sunset. Film yang seharusnya membosankan ini, ternyata masih menarik juga untuk saya lihat ketiga kalinya.
Film ini mengambil setting tahun 2003 di Paris, bercerita tentang seorang Jesse (Ethan Hawke) dan Celine (Julie Delpy), yang dalam film sebelumnya (Before Sunrise) bertemu di Wina pada musim panas tahun 1994 dan mengalami peristiwa cinta satu malam. Before Sunrise ditutup oleh janji mereka berdua untuk bertemu lagi di Vienna.
Before Sunset ini adalah jawaban dari film sebelumnya. Dibuka dengan suasana kota Paris dan suara Julie Delpy dalam lagu latar An Ocean Apart, seakan-akan ingin menegaskan bahwa film ini adalah sebuah film dengan tempo yang lambat.
Diceritakan, Jesse sedang melakukan tur untuk promosi bukunya di Paris , This Time, yang ceritanya berdasarkan pengalaman satu malamnya dengan Celine di Vienna sembilan tahun silam. Ternyata, Celine yang kebetulan tinggal di Paris datang ketika Jesse mengadakan promosi di sebuah toko buku yang merupakan toko buku favorit Celine. Jadilah Jesse dan Celine bertemu kembali setelah sembilan tahun berpisah. Jesse, yang memiliki waktu delapan jam sebelum terbang pulang ke Amerika (naik pesawat tentu saja, bukan terbang kaya Superman), mengajak Celine untuk berjalan-jalan dan tentu saja ngobrol-ngobrol, yang menjadi porsi terbesar di film ini.
Ternyata, Jesse kini telah memiliki seorang istri dan seorang anak sedangkan Celine sendiri sedang memiliki hubungan dekat dengan seorang fotografer berita. Isi cerita dari film ini adalah bagaimana hidup mereka telah lewat selama sembilan tahun namun mereka sama sekali tidak bisa melepaskan kenangan di Wina.
Film ini menarik, karena akting dari Ethan Hawke dan Julie Delpy mengalir begitu alami dari awal sampai akhir. Diawal cerita, ketika Jesse dan Celine bertemu, terasa sekali kerinduan diantara mereka berdua. Bagaimana awalnya tingkah mereka berdua yang terkesan masih agak-agak salah tingkah lalu mulai terlihat mencair ketika mereka ngobrol-ngobrol di kafe dan menjadi sangat emosional pada scene diatas perahu dan didalam mobil.
Saya sendiri paling suka dengan scene di dalam apartemen Celine. Ketika Celine menyanyikan lagu A Waltz for A Night, Jesse hanya melihat, seakan-akan berkata bahwa Celine adalah soulmatenya.
Seperti film sebelumnya yang diakhiri dengan pertanyaan akankah 6 bulan kemudian mereka akan benar-benar bertemu, Film kali ini pun diakhiri dengan pertanyaan apakah akhirnya Jesse ketinggalan pesawat?, apakah Jesse akhirnya mengorbankan keluarganya untuk kembali bersama Celine?
Dialog panjang satu film antara Jesse dan Celine itu pun ditutup dengan dialog menggantung:
Celine : "Baby, you gonna miss that plane"
Jesse : " I know"


gambar diambil dari imdb.com dengan semena-mena, untuk digunakan seperlunya


Komentar Terbaru

Tinggalkan Pesan


Name
Email
URI
Msg

Tags

Gegambaran

Loenpia.net