|
Sudah tahu, kan? Kalau tahun ini majalah Time menetapkan You sebagai Person of the Year?. Selamat ya kepada you, anda ;-p.
Keputusan Time ini didasari dengan fenomena web 2.0 yang pada tahun 2006 ini sangat terasa dan mencapai momen puncak ketika YouTube yang baru berumur 20 bulanan dibeli oleh Google sebesar $1,6 Milyar (bandingkan dengan Flickr yang 'hanya ' berharga $35 juta ketika dibeli Yahoo).

Apa itu Web 2.0?

Nggak tau juga. Ada yang bilang web 2.0 sebagai era kebangkitan kembali bisnis dotcom.
Ada juga yang bilang kalau web 2.0 ditandai dengan desain web yang ber-rounded corner (pinggiran yang melungker?). Jadi kalau teman anda ada yang punya blog dengan layout yang ber-rounded corner anda bisa katakan.. "Waaah.. blog lu two point oh (2.0) banget tuh!".
Ada juga yang bilang Web 2.0 adalah era kickin' asses and takin' names nya si black sheep of programming, Javascript, dengan AJAXnya (jargon yang diusulkan Jesse James Garret). Jadi kalau ada blog yang pake AJAX, maka blog itu pastinya two point oh bangget..
Lalu menurut Time sendiri , dalam artikel cover storynya tentang person of the year. Web 2.0 adalah tentang kolaborasi, tentang komunitas. Tentang bagaimana puluhan juta blogger, podcaster, wikipedia kontributor yang membentuk wajah internet dan dunia informasi.


Kolaborasi, Komunitas, Jejaring Sosial
dan blablabla

Gambar diambil dari userfriendly.org, dengan semena-mena untuk digunakan seperlunya.

Yup! itulah jargon-jargon yang dipakai oleh situs-situs web 2.0 semacam flickr, YouTube, MetaCafe dan digg. Satu kesamaan dari situs-situs diatas adalah semua kontennya dibuat oleh para pengguna, user.
Model bisnis yang menggiurkan memang. Bikin aplikasi dan sistem yang bagus lalu promosikan. User berdatangan bawa konten, user yang bawa konten otomatis ingin kontennya dilihat oleh orang lain yang kemudian akan mengajak user lain. Banyak user berarti creating hype, perusahaan besar merasa terancam, akhirnya memutuskan untuk membeli. Ka - Ching! $1.6 milyar nambah di tabungan trus live happily ever after, deh. Hehehe
Kembali ke topik, kalau memang ada. Tren user powered inilah yang kemudian disebut oleh majalah Time sebagai the new Digital Democracy. Aliran berita tidak lagi selalu berasal dari konglomerasi media, kita punya pilihan. Kita bisa membaca blog (bukan mas, ini bukan tren sesaat™ ), mencari berita melalui Digg, mencari alternatif hiburan melalui YouTube atau lihat-lihat foto di flickr yang semua kontennya disediakan oleh orang-orang biasa semacam kita.
Bahkan sekarang tidak perlu masuk TV untuk jadi seorang selebritis (dalam artian orang terkenal ). Dave Coyne dan Amanda Congdon adalah sebuah contoh produk dari web 2.0. Dave Coyne adalah seorang aktor komedi yang luar biasa berbakat, anda akan mengerti kalau melihat video-videonya. Dia bisa menirukan beberapa bintang film besar seperti Christoper Walken, Jack Nicholson dan Joe Pesci. Bahkan dia bisa nyanyi juga.. benar-benar seniman yang komplit. Lalu kenapa dia belum masuk TV ? Mungkin karena belum saatnya atau mungkin juga karena dia tidak perlu masuk TV.
Gosipnya, sih. Di Indonesia ngeblog juga konon bisa menjadikan kita seorang seleb. :-D

Bagaimana dengan Indonesia?

Sejak fenomena web 2.0 merebak ternyata Indonesia terkena imbasnya. Aa Gym kawin lagi, Yahya Zaini diperiksa Polisi dan Maria Eva sering masuk tivi (berima!). Heboh kan?
Kalau saya sendiri lebih melihat gejala semakin besarnya minat menulis di masyarakat kita, khususnya melalui blog. Kita bisa berharap beberapa tahun ke depan bisa bermunculan penulis-penulis muda hebat seperti Saras, Iyo atau Ghilman. Kadang membaca cerita-cerita mereka saya sering lupa kalau mereka bertiga masih sangat amat muda.
Mungkin dengan meningkatkan penetrasi internet dan mempermurah tarif kita bisa mempercepat langkah untuk mengikuti arus two point oh ini yang kabarnya sekarang malah sudah muncul istilah web 3.0.

Sebenarnya inti tulisan ini apa?

Ini adalah sebuah contoh penggunaan hak saya sebagai warga dunia untuk mewujudkan Digital Democracy. Saya tidak perlu menulis tulisan yang berguna bagi anda, bagi pemerintah, bagi pacar saya (kalo memang ada yang merasa ;-p) atau bahkan bagi saya sendiri. Karena saya adalah PERSON OF THE YEAR sama seperti anda, kita dan mereka semua.

Semoga kita bisa lebih optimis menghadapi tahun 2007...
Selamat Tahun Baru teman-teman.

--
Kalau anda tertarik membuat rounded corner dengan mudah, silakan ke http://roundedcornr.com. Sekarang anda juga bisa bergaya two point oh!

Artikel terkait:


Komentar Terbaru

Tinggalkan Pesan


Name
Email
URI
Msg

Tags

Gegambaran

Loenpia.net