|
Memilih tugas akhir yang berhubungan dengan blog, mengantarkan saya (memaksa?) untuk mencari-cari tentang sejarah blog. Ternyata eh ternyata :
Weblog pada generasi awalnya adalah sebuah situs pribadi yang berisi kumpulan link-link yang didapatkan pengelolalnya di internet, kemungkinan untuk dokumentasi pribadi.. atau gak ada kerjaan (pretty much like me lah), yang biasa disertai komentar tentang link tersebut. Pada generasi awal ini tentu saja pembuatan weblog tidak semudah sekarang sehingga masih terbatas pada peminat teknologi dan mahasiswa.
Kata weblog sendiri diungkapkan oleh Jorn Barger pada tahun 1997. Weblognya di http://robotwisdom.com , adalah salah satu contoh weblog generasi awal yang hanya berisi links. Sedangkan kata 'blog' itu sendiri dicetuskan oleh Peter Merholz , yang pada saat itu pada sidebarnya menyebut weblog sebagai wee-blog atau disebut blog saja (bisa dilihat disini) dan sejak itu penulis blog kemudian disebut blogger. Salah satu weblog awal yang populer (setidaknya bagi saya) adalah Slashdot, yang menunjukkan blog memiliki kemampuan untuk membentuk komunitas.
Dunia perbloggingan (blogosphere) kemudian semakin ramai saja ketika bermunculan layanan hosting blog semacam blogger kita tercinta, LiveJournal dan layanan yang telah ada sebelumnya semacam Pitas sekitar tahun 1999. Setelah itu makin banyak bermunculan blogger dari kalangan 'manusia biasa'. Isinya pun bermacam-macam dari pembahasan teknologi sampai isu-isu politik.. atau sebagai sarana nampang saja, seperti blog yang satu ini. Jadi yaaa blog memang bukan tren sesaat karena sudah hampir 10 tahun beredar (mungkin lebih), kalau tren sesat .. bisa jadi ;-p
Untuk cerita lebih lengkap silakan ke artikelnya Bang Enda, atau ke ensiklopedi sejuta umat ini. Atau anda bisa kesini

Komentar Terbaru

Tinggalkan Pesan


Name
Email
URI
Msg

Tags

Gegambaran

Loenpia.net